Cara Cek iPhone Asli dan Palsu (Replika) dan Rekondisi

Cara Cek iPhone Asli dan Palsu (Replika) dan Rekondisi ) - iPhone merupakan produk resmi dari Apple yang mempunyai beragam type serta spesifikasi spesial yang tidaklah sama antara iPhone 4 hingga iPhone 7. Namun harga iPhone asli atau resmi dari Apple mempunyai harga yang cukup menguras kantong karena memang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas. Nah! Dari sisi harga yang cukup mahal tersebut, maka para produsen ada saja yang membuat iPhone replika atau Super Copy atau dapat disebut iPhone palsu yang mempunyai design serta casing yang 99% sama persis. Namun ada juga type iPhone Rekondisi / Refurbished yang terbagi dalam 2 jenis yang akan kami bahas setelah pembahasan iPhone Asli VS iPhone Palsu di bawah ini.

Penjelasan kali ini mengenai panduan serta trik cara membedakan iPhone Asli atau palsu (replika /supercopy), agar anda tak ragu dalam membeli iPhone yang mempunyai design cukup elegan itu. Bila anda membeli iPhone dalam keadaan baru, ini akan berguna untuk melihat keaslian product yang kita terima, bila tak memenuhi syarat seperti beberapa ciri iPhone asli maka kita dapat mengajukan klaim pada pihak penjual. Di bawah ini merupakan 5 Poin cara membedakan iPhone Asli dengan iPhone Palsu / replika dengan kata lain KW.
Note: Cara Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu ini berlaku untuk iOS iPad, iPod Touch, dan iPhone All Series dari iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6 hingga yang terbaru 2107 saat ini iPhone 7.

5 Poin Cara Cek iPhone Asli dan Palsu


  • Harga iPhone

iPhone memanglah termasuk smartphone yang mempunyai harga esklusif, bila ada penjual yang menjual iPhone baru dengan harga dibawah rata-rat maka kita sebagai pembeli perlu mempertanyakan. Misalkan harga iPhone 5s tuk saat ini mempunyai harga sekitaran Rp5-6,5 Jutaan, sedangkan untuk iPhone 6 all-series 8,6 juta hingga 11,5 jutaan, apalagi untuk iPhone 7 yang paling baru saat ini 2017 harganya yakni berkisar antara 12,5 juta hingga 19,7 jutaan . Jadi apabila anda di iming-imingi oleh seseorang dengan harga iPhone yang sangat murah jauh dibawah rata-rata anda mesti waspada. Apalagi penawaran itu dilakukan via online entah itu BC BBM, Facebook, SMS dll dengan diimingi promo yang hanya berlangsung beberapa jam / hari saja, Promo semacam itu hanya memancing kita agar tidak dapat berfikir jernih lantaran harganya yang sangat-sangat murah sehingga kita terburu-buru untuk transfer. Jikapun memang sangat ingin memiliki iPhone tersebut, ajaklah penjual itu untuk CODan dan lakukan beragam tes pada artikel cara membedakan iPhone Asli atau Palsu ini.

  • Cek Fisik iPhone

cara membedakan fisik iPhone asli dan palsu
cara membedakan fisik iPhone asli dan palsu
Anda dapat melihat design / fisik dari iPhone asli dengan melihat logo Apple yang terlihat lebih gelap dan tidak mengkilap pada hologramnya. Bukan sekedar itu saja, anda dapat lihat juga pada kualitas layar retina yang tidak dapat dilihat dari kejauhan, untuk jenis iPhone lama ataupun iPhone baru. Dan material aluminium serta kaca yang lebih bermutu serta memberikan kesan kokoh ketika digenggam dan sangat elegan. Cara ini mungkin selalu sama, bisa saja kemudian para pembuat iPhone palsu itu membuat iPhone yang sama persis dengan aslinya, sehingga sulit bagi kita untuk membedakannya, Namun satu hal yang pasti jika kita pernah memiliki iPhone yang benar-benar Asli dan resmi, tentu kita akan dengan mudah membedakannya, atau paling tidak bawa keluarga atau teman yang memiliki iPhone Asli dan bisa dengan mudah membandingkan fisik dan materialnya.

  • Cek IMEI iPhone dan Serial Number

Cara melihat IMEI dan Serial Number iPhone
Cara melihat IMEI dan Serial Number iPhone
Apabila anda sudah membeli iPhone maka yang perlu anda lakukan yakni cek IMEI iPhone dan serial number dalam iPhone samakan dengan Dus Book iPhone tersebut, dan cek type jenis dari iPhone yang anda beli. Untuk mengecek IMEI anda dapat dilihat di menu Setting => General => About, scroll sedikit kebawah maka akan terlihat Nomor IMEI dan Kode Serial Number iPhone, bila iPhone asli tentu sama seperti dus atau box. Apabila anda kurang yakin dapat cek serial number dan MEID melalui website resmi Apple di https://checkcoverage.apple.com/ dan masukkan serial number serta IMEI / MEID yang terdapat dalam iPhone anda.

  • Bisa Melakukan Screenshot iPhone

Cara mengambil screenshot di iPhone, iPad serta iPod touch sudah admin bahas Disini, lengkap dari iPhone 4 hingga iPhone 7 juga disertai gambar ilustrasi. Jika sebuah iPhone tidak bisa melakukan / menangkap / mengambil Screenshot layar iPhone, maka dapat di pastikan bila Gadget tersebut palsu / replika. Cara ini belum banyak yang mengetahui bila hal sederhana ini ternyata mampu membedakan apakah iPhone itu asli atau palsu.

  • Terdeteksi oleh iTunes

Seperti halnya Android yang hanya bisa tersinkronisasi dengan Google PlayStore, sedangkan Windows Phone dengan Zune. Nah untuk iPhone juga cuma bisa tersinkronisasi dengan iTunes baik di PC Windows ataupun PC Mac OS. iTunes merupakan sebuah program / aplikasi dari Apple untuk mengorganisir file Iphone berupa lagu, video dll pada sebuah PC komputer. Bagi anda yang belum memiliki iTunes silahkan mendownloadnya di http://www.apple.com/id/itunes/download/. Jika komputer anda sudah terinstall iTunes, begitu iPhone yang "asli" di colokkan / dihubungkan dengan PC maka secara otomatis Aplikasi iTunes akan terbuka dengan sendirinya, itu menandakan bisa mengenali iPhone asli yang tersambung dengannya dan menampilkan data dan file secara spesifik. Bila Smartphone iPhone yang kita miliki tidak bisa dikenali dan tidak bisa disingkronkan dengan iTunes, mungkin saja iPhone itu palsu / replika atau mungkin juga mengalami kerusakan.

Perbedaan iPhone Refusbished / Rekondisi


Pada dasarnya iPhone Refurbihsed / Rekondisi ada 2 Jenis yakni yang Resmi dan No Resmi (illegal) berikut ini penjelasannya.

iPhone Rekondisi / Refurbished Resmi Apple

iPhone refurbished resmi yaitu iPhone yang dengan cara resmi di rekondisi oleh pihak Apple lantaran gagal fungsi atau mengalami kerusakan di beberapa komponen (atau yang biasa kita sebut barang reject), lantas di packing dan diperbaiki lagi sesuai sama standard produksi Apple. Jadi product iPhone type ini mutunya sama dengan produk Apple New, komponen-komponen yang dipakai juga adalah komponen-komponen original dari Apple asyiknya produk ini dijual dengan harga yang lebih murah (jadi sangat cocok bagi kita yang memiliki "kantong yang tipis" namun ingin merasakan produk apple yang fenomenal itu, nah bila anda beli product iPhone ini selamat anda beli product iPhone yang benar.

Ciri - Ciri iPhone Rekondisi / Refurbished

1. Kemasan Produk
Secara tampilan box iPhone refurbished memakai warna putih polos serta ada tulisan kecil yakni " Apple Certified Pre-Owned " dibagian tengah bawah, seperti yang terlihat pada foto berikut ini.
iPhone Refurbished Resmi
iPhone Refurbished Resmi

2. Aksesoris dan Kelengkapan
Semuanya kelengkapan dan aksesoris dalam keadaan baru persis iPhone yang di jual normal, salah satunya adaptor charger, USB/Lightning charger dan earpods.

3. Garansi Resmi Apple International
Walau refurbished iPhone ini dapat memperoleh Full garansi 1 th. dari Apple internasional serta mulai aktif saat anda lakukan aktivasi ke iPhone. Untuk mengeceknya silakan input Serianl Number iPhone anda pada situs resmi apple di checkcoverage.apple.com


iPhone Rekondisi / Refurbished Non Resmi Atau Palsu

iPhone rekondisi non resmi yakni iPhone Asli yang sudah rusak (second) kemudian di perbaiki kembali serta di packing lagi mirip product Apple iPhone yang baru. Perlu di ketahui kalau type iPhone yang satu ini diperbaikinya oleh pihak distributor, bukan oleh pihak Apple. Secara hukum hal semacam ini termasuk juga aksi pemalsuan product serta penipuan.

Ciri - Ciri iPhone Rekondisi / Refurbished No Resmi

1. Box iPhone
Biasanya iPhone ini di packing semirip mungkin dengan box iPhone New, jadi berhati - hatilah saat membelinya.

2. Harga iPhone Tak Masuk Akal
Biasanya dibandrol dengan harga yang sangat murah. Bila Anda menjumpai iPhone yang dibandrol dengan harga yang sangat murah harusnya Anda pantas berprasangka buruk dengan product itu. Umumnya beberapa penjual iPhone rekondisi tak kan memberitahu kalau barang itu refurbished atau bukan, karenanya disini anda mesti cermat.

3. Garansi Distributor Dengan Waktu Garansi Yang Singkat
Tidak sama dengan rekondisi dari pihak Apple dengan cara resmi, Apple iPhone ini biasanya cuma bergaransi distributor yang umumnya berdurasi cuma 1 hingga 6 bln saja, serta tak mempunyai garansi Apple internasional.

Untuk mengeceknya silakan input Serial Number iPhone pada situs checkcoverage.apple.com. Bila saat garansi sudah Expired atau selesai artinya iPhone itu besar kemungkinan yaitu iPhone rekondisi, tetapi bila iPhone belum aktif serta tercantum kalimat " Aktifkan iPhone Anda " kemungkinan besar iPhone itu adalah iPhone rekondisi resmi.

Demikian pembahasan mengenai Cara Cek iPhone Asli dan Palsu (Replika) dan Rekondisi mulai dari iPhone 4 hingga iPhone 7 terbaru. Semoga bermanfaat dan semoga kita terhindar dari membeli iPhone palsu. Thanks

0 Response to "Cara Cek iPhone Asli dan Palsu (Replika) dan Rekondisi"

Post a Comment