Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android - Smartphone Android mengalami bootloop, mati total, atau tiba-tiba tidak dapat di-restart mungkin sering dialami pemilik Android yang sering mengutak-atik smartphonenya. Masalah ini sering membuat panik serta putus asa. Untuk itu bagaimanakah cara untuk mengatasi smartphone Android yang mengalami bootloop tersebut?

Cara mengatasi bootloop android yang paling mudah adalah dengan mengembalikan pada settingan pabrik atau yang dikenal dengan Factory Reset melalui proses Recovery Mode. Bagi Anda yang belum paham Factory Reset, harus kami jelaskan, bahwa Factory Reset merupakan proses mengembalikan settingan smartphone Android pada keadaan awal, alias settingan awal dari pabrik saat awal dibeli.
Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah
Sebelum memulai cara mengatasi bootloop pada android, ada baiknya kita mengatahui jenis-jenis dari bootloop itu sendiri, Beberapa Jenis masalah Bootloop Android yang perlu diketahui yaitu:
  • Android Light Bootloop
Biasanya ponsel Android pada saat penggunaan normal digunakan untuk mengInstall Aplikasi, bermain game dan lain-lainnya, kemudian tiba-tiba Android tersebut mengalami Reboot ataupun melakukan Restart secara otomatis, namun ketika dihidupkan lagi hanya berhenti sampai di logo saja.
  • Android Medium Bootloop
Biasanya mucul karena si pengguna mengutak-atik sistem Android serta masuk kedalam System Recovery, yang biasa dipakai untuk membuka system untuk root. Ini termasuk tipikal kerusakan menengah.
  • Android Hard Bootloop
Android hard bootloop bisa terjadi dikarenakan kita mengedit sricpt didalam Android. Misalnya adalah ketika Meng-upgrade OS, biasanya apabila kita bermaksud akan mengedit sricptnya kita harus melakukan rooting Android kita terlebih dahulu agar dapat masuk kedalam system admin android. Bootloop perangkat Android tipikal ini umumnya mempunyai ciri-ciri ketika dinyalakan hanya dapat berjalan hingga logo saja,dan setelah itu tidak dapat bergerak lagi.

Biasanya setiap permasalahan yang ada pada tablet Android hampir bisa ditangani dengan melakukan proses Factory Reset. Akan tetapi, langkah ini juga dapat berdampak pada hilangnya berbagai data-data penting anda pada memori telepon yang sudah di-install diwaktu sebelumnya, sehingga anda harus melakukan proses install ulang lagi.

Sebaiknya, melakukan Factory Reset merupakan opsi terakhir bagi anda, apabila semua jenis solusi alternatif telah dilakukan serta belum bisa berhasil. Apabila anda telah yakin, bahwa tidak ada lagi solusi serta cara untuk mengatasi android boot loop yang lain, maka Anda dapat melakukan proses Factory Reset ini dengan cara seperti dibawah ini:

Cara ini bisa anda lakukan bila anda masih sesekali bisa masuk ke menu android, menu ini saya lakukan pada hp android samsung galaxy ace 3 (untuk type hp yang lain silahkan sesuaikan dengan menu yang ada), caranya:
  • Masuk pada menu Setting => Accounts => Backup and reset => Factory data reset => Reset device

Namun, apabila smartphone Android sudah mati total, sama sekali tidak mau di-restart, bagaimanakah cara untuk mengatasinya? Lakukanlah proses Factory Reset dengan jalan melalui prosedur Recovery Mode/Stock Recovery. Recovery Mode merupakan pilihan solusi alternatif dengan menu pilihan yang dapat digunakan untuk membenahi kerusakan software pada perangkat Android. Caranya dengan menekan beberapa tombol sekaligus secara bersamaan, masing-masing merek ponsel berbeda-beda, berikut cara masuk ke mode recovery berdasarkan merk ponsel:
  • Samsung, LG, Andromax - Tekan Volume Up + Power + Home
  • Cross - Tekan tombol Power + Volume Down
  • Advan - Tekan tombol Power + Volume Down hingga keluar tanda segitiga dan android kemudian tekan tomboh Home
Kemudian...
  • Untuk navigasinya volume Up untuk ke atas, volume down untuk kebawah dan tombol power untuk memilih, Pilihlah pada menu wipe data/factory reset
  • lalu pilih pada menu Yes --- deleted all user data
  • Beberapa ponsel akan langsung restart dengan sendirinya, namun bila ada pilihan lagi, silahkan pilih Reboot system now



  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
Dari situ semoga permasalahan bootloop android anda bisa selesai. Aamiin :D

Oia... mungkin tidak semua perangkat Android memiliki menu tersebut, maka untuk itu anda dapat menggunakan aplikasi buatan pihak lain, misalnya seperti ClockwordMod Recovery dan xRecovery.
Apa kegunaan dari Recovery Mode ini? Kegunaannya bagi smartphone anda adalah sebagai berikut:
  • Apabila tablet Android tidak dapat di-start atau berhenti sampai di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini dipicu oleh beberapa faktor, misalnya karena adanya aplikasi yang error, dapat juga disebabkan karena menginstall aplikasi yang tidak cocok dengan tipe smartphone.
  • Dalam kasus smartphone Android bisa dihidupkan, namun tidak mau merespon input dari si pengguna, misalnya saja dengan layar Android yang  tidak dapat disentuh atau tidak bisa masuk kedalam menu smartphone.
  • Jika Anda lupa dengan Password, Pin atau pada saat Anda terlalu banyak melakukan proses percobaan didalam menggambar pola atau pattern pengunci pada smartphone Android yang bisa menyebabkan Anda tidak dapat masuk lagi kedalam menu.
Baca Juga: Cara membuka file rar / zip di hp android
Semoga artikel tentang Cara Mengatasi Android Bootloop diatas dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Mengatasi Bootloop Pada Android Dengan Mudah"

Post a Comment