Tips Cara Mempercepat Booting HP Android

Cara Mempercepat booting android - Pernahkan anda mengalami suatu hal yang paling menjenuhkan, ketika harus menunggu begitu lama sampai dalam hitungan bermenit-menit hanya supaya melihat home screen ketika anda baru saja menghidupkan smartphone android milik anda. Hal ini bisa saja menimpa pada siapa saja yang mempunyai smartphone android yang tidak terawat. Mengapa proses loading booting bisa berlangsung sangat lama sehingga berbeda dari biasanya, ataupun bahkan mungkin ketika anda baru membelinya. Ada beberapa penyebab dan solusi yang bisa anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu silahkan simak pemaparannya dan ikuti step by stepnya. cek it bro.
Tips Cara Mempercepat Booting HP Android
Mempercepat Booting menggunakan ES Task Manager

Booting yang lama tidak lepas dari seberapa banyak aplikasi yang berjalan ketika perangkat anda tersebut baru dinyalakan ataupun bisa diketahui dengan istilah StartUp. Sehingga semakin banyak aplikasi berjalan sebagai StartUp, maka semakin berat dan lama pula perangkat tersebut ketika booting untuk memasuki home screen.

Namun jangan khawatir sebab anda bisa dengan gampang mengatasi hal tersebut, ini berarti anda harus mematikan pada fungsi StartUp dalam beberapa aplikasi. Supaya dapat melakukan hal tersebut, sangat dibutuhkan aplikasi tambahan, sebab secara default tidak terdapat pengaturan pada android yang bisa mendisable aplikasi yang berjalan sebagai StartUp.

Sehingga aplikasi alternatif yang dapat anda gunakan dalam memanajemen StartUp yaitu ES Task Manager. Dibawah ini cara mendisable aplikasi yang berjalan ketika perangkat android sedang melakukan booting (atau Start Up).

Cara menjalankan aplikasi ES Task Manager pada smartphone anda:
  • Silahkan download dan instal apps ES Task Manager disini
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut
  • Tekan icon menu pada bagian pojok kiri atas.
  • Pilih menu “Startup Manager”.
  • Selanjutnya pada layar akan tampil seluruh aplikasi yang berjalan sebagai StartUp, kemudian pilih tombol icon silang pada sisi kanan untuk nama aplikasi yang diinginkan, atau dapat juga menekan tombol “Optimize” yang ada di bagian bawah layar supaya mendisable StartUp aplikasi cocok dan secara otomatis. Selanjutnya anda bisa mengecek apakah perangkat telah kembali kepada performa yang awal ketika booting.

Selain cara di atas, ada juga beberapa tips yang bisa mempercepat booting android diantaranya adalah :
1. Matikan live wallpaper
Meskipun live wallpaper dalam ponsel android membuat penampilan ponsel tampak lebih atraktif, namun bisa memperlambat pada kinerja ponsel. Hal ini dikarenakan untuk membuat animasi yang terus jalan akan membuat ponsel anda dipaksa untuk terus bekerja. Sehingga mematikan live wallpaper, juga bisa membuat pergerakan scroll dalam desktop ponsel menjadi lebih gampang serta lancar.

2. Kurangi jumlah widget anda
Widget merupakan elemen ataupun sisi antarmuka grafis ataupun gui baik yang berbentuk kotak teks, dan tombol serta lainnya yang bisa menyuguhkan info ataupun pengaturan yang dapat dikurangi ataupun ditambahkan bagi pengguna. Jika widget yang anda pakai menyuguhkan info secara terus-menerus diupdate pada setiap waktu, hal tersebut bisa mengakibatkan tambahan sistem telah menyedot memori dan bisa berimbas dengan perlambatan kinerja. Sehingga sebaikknya hapuslah sebagian widget pada bagian yang jarang digunakan.

3. Tutup aplikasi yang sedang jalan di background
Tahukah bahwa dengan menghimpit bagian tombol home dalam ponsel, bisa membuat aplikasi yang sedang jalan bisa terus jalan pada background. Ketika itu bila anda telah menghimpit tombol back saat aplikasi tengah jalan, shingga bisa dengan otomatis menutup dan mematikan aplikasi tersebut. Sehingga ketika saat itu jika anda mau membuka aplikasi yang lain, jangan lupa supaya menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan cara menghimpit tombol back ataupun mematikannya dengan bantuan task killer yang bisa anda download secara gratis di play store. Ini semua solusi dari mempercepat booting android.
Baca Juga: Memori RAM yang kecil merupakan permasalahan klassik bagi smartphone android masa kini, sehingga banyak permasalahan yang timbul ketika banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Namun anda jangan khawatir karena permasalahan itu bisa di akali dengan "menambah" virtual RAM, apakah itu virtual RAM? baca ulasan selengkapnya di postingan saya sebelumnya yang berjudul >> Cara "Menambah" RAM di Android.
Demikian semoga bemanfaat.

0 Response to "Tips Cara Mempercepat Booting HP Android"

Post a Comment