Cara Backup Data Android Dengan Mudah

Cara Backup Data Android - Saat ini sebuah perangkat android sudah menjadi alat yang multifungsi. Baik itu smartphone dan tablet. Karena multifungsi itu, maka tak heran jika perangkat android digunakan untuk menyimpan data-data penting anda pada memori internal anda. Bagaimana rasanya jika anda tiba-tiba kehilangan seluruh data anda yang tersimpan itu? Pastinya anda akan merasa sangat kecewa dan menyesal. Agar terhindar dari kejadian tak terduga seperti itu, anda dapat melakukan cara backup data android untuk mengamankan seluruh data anda.

Cara Backup data Android ini nantinya akan berguna dan bermanfaat jika suatu saat anda menemukan kerusakan pada perangkat android anda. Kerusakan tersebut biasanya terletak pada software yang tidak bisa beroperasi dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang diinstal atau aplikasi yang diinstal tersebut tidak kompatibel dengan perangkat android anda. Jika sudah demikian,maka jalan satu-satunya yang harus ditempuh adalah mereset perangkat android. Proses reset tersebut akan mengembalikan seluruh settingan perangkat android kembali seperti baru. Resikonya anda harus kehilangan seluruh data yang tersimpan di dalam memori internal. Namun kehilangan data ini tak akan terjadi jika anda sudah membackup data anda ke PC.

Banyak pengguna android yang ternyata masih belum mengetahui apa itu backup data. Backup data adalah proses untuk menyimpan data anda di perangkat lain agar nantinya jika anda harus melakukan reset pada perangkat android, anda tidak akan kehilangan data penting anda. Tidaklah sulit untuk melakukan backup data ini. Anda bisa melakukannya sendiri hanya dengan bermodalkan PC. Berikut ini merupakan beberapa cara backup data android dengan sangat mudah.

Cara Backup data Android Ke 1. Backup data dengan menggunakan koneksi internet. Pada langkah pertama ini sudah pasti anda harus menghubungkan perangkat android serta PC anda dengan internet. Langkah ini menggunakan fitur Google Backup yang terhubung dengan akun Google android anda. Untuk mengaktifkan fitur BackUp menggunakan akun Google caranya: Pilih Menu Setting > Account > Google

Kemudian Silahkan pilih alamat email gmail yang ingin di gunakan untuk back-up. Atau jika ingin mensingkronkan kesemua email silahkan klik Sycn all.
Silahkan Centang mana saja yang ingin di back-up, kemudian klik Sync Now. Tunggu beberapa saat sampai semua loding selesai dan data sukses di upload ke server Google.

Apakah sampai sini sudah selesai. belum...he..
Nah setelah itu, kita masuk lagi ke Menu Setting >> BackUp & Reset
Kemudian, Silahkan Centang di Back up my data & Automatic restore
Selesai.
Nah setelah semua proses back up selesai, silahkan apakah anda ingin memformat android, reset maupun ganti hp android. Asalkan nanti ketika login dengan email yang sama maka data memori internal akan kembali ter-restore seperti sedia kala.

Note: Cara ini hanya bisa mem-backup data dari memori internal saja dan tidak bisa untuk mem-backup aplikasi, game, lagu maupun foto. Nah tapi khusus untuk foto bisa anda backup asalkan sebelumnya sudah mensingkronkan pada picasa album atau Google+ Photos.
Saran saya sebaiknya untuk backup foto, lagu maupun video lakukan manual saja dengan menghubungkan hp android pada PC/komputer/laptop melalui kabel data.

Cara Backup data Android Ke-2. Backup data tanpa menggunakan koneksi internet. Cara kedua ini tidak menggunakan koneksi internet. Namun anda harus menginstal terlebih dahulu sebuah aplikasi backup yang tersedia di PlayStore secara gratis silahkan anda cari dengan keyword Aplikasi backup data android. Ada banyak macam aplikasi untuk backup data seperti Helium, Mobile Backup II, JS Backup, My Backup dan masih banyak lagi lainnya. Sebaiknya pilih salah satu aplikasi yang memiliki rating tinggi di atas 4, dan paling banyak di download. Proses backup tersebut dapat anda lakukan dengan mengikuti petunjuk pada masing-masing aplikasi. Setelah selesai, anda dapat memindahkan data yang dibackup tersebut ke PC anda.

Setelah mengetahui apa itu backup dan bagaimana cara backup data android ke pc, pastinya anda akan segera melakukan backup untuk mengamankan seluruh data anda. Proses backup ini memang sangat penting untuk dilakukan agar seluruh data penting anda tetap aman dan tersimpan. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Backup Data Android Dengan Mudah"

Post a Comment