Tips dan Cara Format Android Agar Perfoma Android Layaknya Baru

OhDroid - Produk android yang banyak beredar dipasaran saat ini sering mengalami pembaharuan tipe. Ada berbagai macam tipe android yang digunakan yan hampir setiap tahunnya diperbaharui. Macam android tersebur seperti Jelly Bean, Kit Kat, dsb. Setiap sistem android yang dikeluarkan mempunyai perbedaan tersendiri seperti misalnya tampilan dan peforma. Oleh karena sering bergantinya android setiap tahunnya membuat orang sering gonta ganti Hp sehingga penjualan membludak di pasaran. Bagi anda yang ingin melihat tampilan android anda seperti baru saat anda pertama kali membeli maka bisa melakukan reset. Cara format android bisa dilakukan sendiri dengan tujuan membuat android anda baru seperti setelan pabrik.

Format android ini biasa disebut recovery mode / reset factory. Biasanya sudah ada di settingan ponsel anda dengan nama setelan ulang. Anda bisa klik dan akan ada tulisan kembali ke setelan pabrik, itulah recovery yang ada di setelan ponsel anda. namun tidak semua ponsel memilikinya dan hal ini bisa diatasi dengan menggunakan bantuan clockwordMod recovery misalnya. Alasan perlunya mereset ponsel anda ke setelan semula adalah:

  1. Smartphone anda tidak bisa masuk start atau tidak bisa menyala. Hal ini bisa disebabkan karena ada aplikasi yang error atau juga penginstalan aplikasi yang tidak bisa diterima oleh ponsel anda.
  2. Smartphone ketika dinyalakan bisa namun tidak merespon dengan baik perintah dari pengguna, bisa karena ketidaksesuaian dengan perintah atau layar yang susah untuk disentuh.
  3. Smartphone anda terkunci dan tidak bisa masuk, otomatis anda harus melakukan format ulang agar bisa menggunakan handphone anda kembali.
  4. Beberapa kerusakan lain karena aplikasi yang tidak berjalan dengan baik.
Karena alasan diatas maka perlu adanya format ulang atau recovery ponsel anda sehingga peformanya bisa kembali ke keadaan semula. Berikut ini adalah cara format android sehingga kembali ke setelan pabrik atau recovery, hal ini beresiko akan hilangnya data - data pada memori internal, sebaiknya anda memback-up nya terlebih dahulu. Jika sudah, mari kita mulai dengan factory reset.

  • Melakukan factory reset
Ini merupakan awal untuk memformat smartphone android anda, (ini saya beri contoh pada smartphone android saya samsung galaxy ace 3, untuk semartphone lainnya seperti xperia, advan, lenovo, mito, cross, smartfren & lain sebagainya dengan OS Jelly Bean, GinggerBread, Kitkat dll silahkan sesuaikan dengan menu yang ada). Caranya sangat mudah, silahkan masuk ke menu Setting >> Accounts >> Back-Up and Reset
Kemudian, bila anda ingin mem-back up data- data yang ada di smartphone android anda ke server Google melalui E-mail yang sudah terintegrasi dengan hp anda, silahkan Centang di tulisan Back up my data, centang juga di Automatic restore. Kemudian Klik Factory data reset
Silahkan baca ketentuan apa saya jika anda memutuskan untuk mem-format smartphone anda, jika sudah yakin silahkan klik Reset device, lalu anda akan diminta konfirmasi dengan kode usap/swipe pattern, Ok jika sudah silahkan tunggu beberapa saat sementara proses reset akan berjalan dan smartphone anda akan restart dengan sendirinya.

Dan taraaa smartphone android anda sudah bersih kembali.

Sebenarnya dengan cara di atas sudah cukup untuk mereset dan format android anda seperti baru lagi, namun jika anda ingin mencoba cara lain yakni dengan cara masuk ke mode recovery.
  • Masuk ke mode recovery
Ponsel harus dalam keadaan mati. Untuk masuk ke recovery mode bisa menekan beberapa tombol di ponsel secara bersamaan seperti misalnya pada ponsel tipe Galaxy Young dengan;

1. Menekan tombol volume (+) + home + ON/OFF secara bersamaan, maka akan muncul mode recovery.

2.
Pada mode ini tombol volume (+) digunakan untuk ke atas, sedangkan tombol volume (-) untuk turun.
3. Silahkan pilih menu Factory Reset / Wipe data
4. Lalu tekan tombol home untuk memulai proses reset. tunggu beberapa saat sampai selesai.
5. Lalu pilih menu Reboot System Now

Untuk recovery smartphone berbeda-beda sesuai dengan tipe yang ada karena nanti tombol yang ditekan untuk masuk kedalam mode recovery berbeda-beda sesuai pembuatannya. Ingat jika akan melakukan recovery pastikan baterai dalam keadaan terisi minimal 70% sehingga saat melakukan recovery tidak sampai menghabiskan daya yang kemungkinan akan mengcancel proses recovery ponsel anda. prosesnya memakan waktu beberapa menit sehingga harus ditunggu. Dengan melakukan recovery atau format ini bisa mengembalikan android sesuai setelan pabrik saat dimana anda pertama kali menggunakan. Data-data yang sebelumnya tersimpan juga akan hilang karena data terinstal bukan bagian dari setelan pabrik.
Baca Juga: Jika anda memiliki kartu memori namun tidak terbaca di smartphone android, saya punya caranya >> Cara memmperbaiki SD Card Tidak Terbaca di Android
Demikian cara format android. Anda bisa melakukannya sendiri mudah kok, namun jika anda tidak yakin bisa membawanya ke counter handphone jika anda ragu salah. Jika salah tentu akan berakibat fatal pada ponsel anda yang akibatnya tak bisa digunakan atau boot loop.

0 Response to "Tips dan Cara Format Android Agar Perfoma Android Layaknya Baru"

Post a Comment